Pemkab Purbalingga serahkan batuan 280 drum aspal ke desa

PURBALINGGA-HUMAS, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purbalingga lewat program imbal swadaya pada tahun 2014 kembali menyerahkan bantuan aspal ke desa sebanyak 280 drum.  Bantuan ini diserahkan kepada 21 desa di 9 kecamatan. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Purbalinga secara simbolik kepada 21 kepala desa bertempat di Gedung Ardilawet, Sabtu (6/12).

Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto, mengatakan bantuan aspal ini merupakan bantuan stimulan agar desa bisa menggerakan swadaya masyarakat.
“Dengan swadaya ini diharapkan infrastruktur desa bisa menjadi lebih baik,” ujar Sukento

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sigit Subroto mengatakan dalam memberikan bantuan ada tiga katagori pertama jalan desa mempunyai tingkat kerusakan yang tinggi. Kedua peningkatan jalan dari makadam ke jalan aspal. Ketiga adanya kesanggupan masyarakat akan swadaya.
“Selain ketiga syarat diatas juga dalam pelaksanaan tidak menggunakan anggaran APBD/APBN, sehingga tidak dobel anggaran,” ujar Sigit

Untuk pembelian aspal, Sigit mengatakan berasal dari dana APBD 2014 sebanyak Rp 468 ribu yang digunakan untuk membeli aspal sebanyak 290 drum. 280 drum diserahkan ke desa, sisanya 10 drum untuk cadangan kalau ada desa yang mengusulkan lagi.

Sigit juga menginformasikan ada 2 desa yang pada tahun ini mendapatkan bantuan aspal dari Propinsi Jawa Tengah, masing – masing desa mendapatkan 20 drum.

“Dua desa tersebut, desa Tangkisan kecamatan Mrebet dan desa Larangan kecamtan Pengadegan,” ujar Sigit

Data yang diperoleh DPU 21 desa, untuk kecamatan Rembang deaa Karangbawang, Losari, Sumampir, Panusupan. Kecamatan Pengadegan, desa Tegalpingen, Karangjoho, Panunggalan. Kecamatan Kejobong desa Gumiwang, Pengempon dan Nagkod.

Kecamatan Kemangkon desa Kemangkon, Panican, Kalialang, Toyareka, dan Senon. Kecamatan Bojongsari desa Karangbanjar dan Gembong. Kecamatan Bukateja desa Wirasaba, kecamatan Padamara desa Kalitinggar. Kecamatan Karanganyar desa Kalijaran serta kecamatan Karangmoncol desa Sirau. (Sapto Suhardiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bapem © 2014 Frontier Theme