TAHUN 2015 PURBALINGGA BANGUN TIGA JEMBATAN

Tahun 2015 mendatang, Kabupaten Purbalingga bakal membangun tiga buah jembatan besar. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2015, pemkab mengalokasikan dana Rp. 26,5 miliar guna membangun tiga jembatan tersebut.
Ketiga jembatan ini merupakan jembatan yang sebelumnya sudah direncanakan dibangun tahun 2014 ini, namun karena belum siap dan ada yang gagal lelang, sehingga direncanakan di tahun 2015.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga Sigit Subroto membenarkan rencana pemkab membangun tiga jembatan. Yakni jembatan jembatan Gatot Subroto dengan anggaran Rp. 12 miliar, jembatan di Dukuh Limus desa Karangbawang Kecamatan Rembang dengan anggaran Rp.3,5 miliar, dan jembatan di Desa Sumingkir Rembang Rp. 11 miliar.
Dijelaskan Sigit Subroto, jembatan Gatot Subroto menghubungkan Kecamatan Kertanegara dan Karanganyar di atas sungai Laban atau tepatnya di Kedung Ula. Rencana pembangunan jembatan Gatot Subroto ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari tahun lalu yang terhambat pembebasan lahan dan gagal lelang. Meskipun sudah dilakukan lelang ulang, namun peserta belum memenuhi syarat.  Untuk pembebasan lahan ini, pemkab sudah mengeluarkan dana sekitar Rp. 600 juta. Sedangkan model jembatan menggunakan beton pra-tekan dengan ukuran jembatan panjang 88 meter dan lebar 6 meter. Jembatan baru Gatot Subroto akan dibangun bersebelahan dengan jembatan yang sudah ada.
Untuk jembatan dukuh Limus panjang jembatan 43 meter dan lebar 6 meter. Jembatan ini melayani masyarakat perbatasasn antara kecamatan Rembang dengan Kabupaten Banjarnegara. Selama ini hanya ada jembatan kecil yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat atau mobil. Sedangkan jembatan Kali Gintung desa Sumingkir Rembang akan dibangun jembatan disisi bawah jembatan gantung yang sudah ada. Panjang jembatan yang akan didanai APBD murni 46 meter dan lebar 6 meter. (umang-kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bapem © 2014 Frontier Theme